6 jenis mata langka ini yang sering tidak kita ketahui

Mata tentu saja adalah jendela bagi jiwa, dan datang dalam berbagai warna. Paling umum yang Gansis lihat biasanya mata kuning, mata coklat atau biru ketika melihat orang-orang di sekitar, tetapi ada beberapa orang yang diberi karunia dengan warna mata yang sangat keren dan langka.

Banyak orang berpendapat bahwa warna mata murni genetik yang sebagian besar memang benar. Namun, masih belum banyak yang diketahui tentang gen spesifik yang menentukan warna mata seseorang. Diketahui bahwa gen warna mata bersifat resesif, jadi mungkin hanya masalah gen yang dimiliki seseorang. Yang selama ini diketahui tentang penentuan warna mata adalah suatu proses yang melibatkan dua pigmen: melanin (pigmen coklat), dan lipokrom (pigmen kuning). Hal ini juga tergantung pada bagaimana iris menyebarkan cahaya. Ketika melihat seseorang dengan mata biru muda, itu berarti tidak ada pigmen melanin atau cokelat. Sebaliknya, ketika melihat seseorang dengan mata coklat gelap, itu berarti mereka memiliki banyak melanin.

Sebelumnya mari ketahui dahulu apa saja jenis warna mata paling langka dan bagaimana proses terjadinya mata langka tersebut dan juga statistik warna mata dari yang paling umum ke yang paling langka.

  • Heterochromia dan Anisocoria

Heterochromia dan Anisocoria kadang-kadang dikenali secara keliru satu sama lain. Sedari itu mari ketahui dulu di mana letak perbedaannya.

Heterochromia

Heterochromia adalah kondisi mata langka di mana iris seseorang berbeda warna. Ada tiga jenis heterokromia:

1.Heterochromia Lengkap: Satu iris adalah warna yang sama sekali berbeda dari iris lainnya.
2.Heterochromia Parsial: Bintik pada iris adalah warna yang sama sekali berbeda dari iris lainnya karena perbedaan pigmentasi.
3.Heterochromia Pusat: Bila ada cincin bagian dalam yang warnanya berbeda dari bagian luar iris.

Anisocoria

Anisocoria adalah ketika satu iris lebih besar dari iris lainnya dapat membuat seseorang terlihat seperti memiliki dua warna mata yang berbeda. Anisocoria dapat ditemukan saat lahir, dan biasanya hanya ada beberapa milimeter perbedaan di antara keduanya.

Anisocoria juga bisa disebabkan oleh kelumpuhan saraf atau cedera mata traumatis. Hal ini dapat menyebabkan perbedaan yang signifikan dalam ukuran pupil sehingga membuat mata dengan pupil melebar dan terlihat lebih gelap daripada mata dengan pupil normal.

  • Mata Merah, Merah Muda, dan Violet

Mata Merah dan Merah Muda

Dua kondisi utama yang menyebabkan warna mata merah atau merah muda yaitu albinisme dan darah bocor ke iris. Meskipun albinos cenderung memiliki mata biru yang sangat terang karena kekurangan pigmen tapi beberapa bentuk albinisme dapat menyebabkan mata tampak merah atau merah muda.

Mata Violet

Warna ini paling sering ditemukan pada penderita albinisme. Dikatakan bahwa seseorang tidak dapat benar-benar memiliki mata violet tanpa albinisme. Campuran pigmen yang kurang dengan warna merah ditambah dari cahaya yang memantul dari pembuluh darah di mata maka akan menimbulkan warna mata violet.

  • Mata Abu-abu

Mata abu-abu kadang-kadang dapat disalahartikan sebagai mata biru terang karena memang terjadi dengan cara yang sama. Diperkirakan bahwa apa yang membuat mata ini tampak abu-abu dan bukan biru berkaitan dengan jumlah kolagen yang ada di dalam stroma sehingga akan mengganggu hamburan Rayleigh dan menyebabkan cahaya memantulkan warna abu-abu dari pada warna biru.

  • Mata Hijau

Komposisi sedikit melanin, semburan lipokrom, dan hamburan cahaya Rayleigh yang memantulkan stroma kuning dapat menghasilkan beragam warna hijau. Dengan hanya dua persen dari populasi dunia yang memiliki mata hijau, sudah jelas warna mata ini sangat langka.

  • Mata Amber

Warna mata Amber yang indah ini sering sulit dibedakan dengan mata hazel. Perbedaannya adalah bahwa mata hazel memiliki coklat dan hijau di dalamnya, sedangkan mata amber adalah sekumpulan warna yang solid dan seragam. Dengan sedikit melanin dan banyak lipokrom, mata warna ini hampir tampak bersinar. Bahkan beberapa hewan memiliki warna mata ini, tetapi jika manusia yang memiliki mata ini jelas merupakan hal yang langka.

  • Mata Hazel

Mata hazel cukup umum dijumpai di sekitar karena jenis mata hazel ini menyumbang sekitar 5% dari populasi dunia. Mata hazel memiliki konsentrasi melanin di bagian luar iris, memberikan penampilan mata yang beraneka warna.

Sulit untuk menentukan dengan tepat warna mata mana yang paling langka, tetapi jika belum pernah melihat warna mata yang tercantum pada daftar di atas, itu karena jenis matanya tidak umum. Walaupun kelihatannya hanya sedikit orang yang memiliki warna mata yang langka, kenyataannya adalah setiap orang memiliki warna yang unik untuk dimiliki, seperti halnya sidik jari. Tidak ada dua orang yang memiliki bentuk atau warna mata yang sama. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *