Cara penanganan penyakit maag yang benar

Maag memang menjadi penyakit yang sering kali dihadapi olah manusia, tidak pandang bulu, mau itu dewasa sampai anak anak pun sering kali terkena penyakit ini.

Sakit maag sering kali dianggap sepele. Banyak orang yang membiarkan maag menyerang dan tidak segera mengobatinya. Padahal jika dibiarkan, maag bisa semakin parah. Oleh karena itu, penting untuk langsung action mengobati maag yang kambuh.

Salah satu hal yang perlu dilakukan saat maag kambuh adalah mengkonsumsi obat yang mengandung antasida. Antasida atau antacid merupakan obat yang digunakan untuk menetralkan kadar asam di dalam lambung.

Pada dasarnya, asam pada lambung diperlukan untuk proses pencernaan dan membunuh bakteri berbahaya yang pada makanan. Namun jika kandungan asam di lambung terlalu banyak, kondisi tersebut bisa memicu sakit maag dengan gejala seperti nyeri ulu hati, sering bersendawa, dan perut kembung.

“Gejala sakit maag timbul akibat asam lambung meningkat. Dengan antacid, kadar keasamannya diturunkan sehingga kembali ke kondisi kadar asam lambung normal dan gejala sakit maagnya bisa berkurang,” ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi kepada detikHealth, Selasa (5/3/2019).

Menurut dr. Helmin, action saat maag kambuh dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan antasida penting untuk dilakukan. Sebab, jika maag dibiarkan bisa mengganggu aktivitas dan produktivitas. Bahkan maag bisa semakin parah.

“Antacid memiliki kemampuan menetralisir kadar asam dan kerjanya lokal. Jadi bekerja sangat cepat untuk menetralisir asam lambung sehingga gejalanya berkurang dengan cepat,” ujar dr. Helmin.

Salah satu obat pereda maag yang mengandung antasida adalah Promag. Bahan aktif antasida yang terkandung dalam Promag di antaranya magnesium hidroksida, hydrotalcite, dan kalsium karbonat. Bahan aktif tersebut berfungsi untuk menetralkan asam lambung sehingga rasa sakit maag pun bisa reda dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *