Diet masih bisa makan bubur ayam dan lontong sayur? ini cara nya !

Pagi hari memang jam nya sarapan ya gengs, jam lapar lapar nya perut deh. Tetapi bagi teman teman yang diet mungkin jadi kesulitan tersendiri memilih sarapan karena ditempat kita sering kali makanan berlemak menjadi mayoritas makanan yang dijual dipagi hari ya. contoh nya lontong sayur dan bahkan bubur ayam.

Tenang, Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes memberitahu informasi bagi kamu yang diet tapi tetap ingin makan bubur ayam atau lontong sayur.

“Kalau ingin kurus ya cari yang lemaknya lebih rendah,” ujarnya kepada detikHealth.

Kandungan lemak dari bubur ayam dan lontong sayur terletak pada tambahannya, yaitu ayam atau telur. Menurut Rita, jika menggunakan ayam beserta kulitnya kandungan lemaknya cukup tinggi hingga 13 gram untuk satu porsi. Sedangkan jika menggunakan ayam tanpa kulit, kandungan lemaknya sekitar 7-9 gram. Sementara kandungan lemak dalam telur sekitar 5-7 gram.

“Ingin kurus pilih ayam tanpa lemak atau telur. Kalau kurus ingin gemuk ya pilih ayam dengan kulit. Semua masyarakat punya kebutuhan gizi yang berbeda-beda,” jelasnya.

Sedangkan kandungan kalori bubur ayam dan lontong sayur kurang lebih sama. Lagi-lagi yang membedakan adalah tambahannya. Pada ayam dengan kulit kalorinya 105 kkal, telur 75 kkal, dan ayam tanpa kulit 50 kkal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *